Kembali ke Surat Al-Mu'minun

المؤمنون (Al-Mu'minun)

Surat ke-23, Ayat ke-84

قُلْ لِّمَنِ الْاَرْضُ وَمَنْ فِيْهَآ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Katakanlah (Muhammad), “Milik siapakah bumi, dan semua yang ada di dalamnya, jika kamu mengetahui?”

📚 Tafsir Al-Muyassar

Katakanlah kepada mereka, “Milik siapakah bumi ini dan semua yang ada didalamnya, bila kalian memang memiliki pengetahuan ?”

Sumber: https://tafsirweb.com/5976-surat-al-muminun-ayat-84.html

📚 Tafsir as-Sa'di

84-85 maksudnya, katakanlah kepada orang-orang yang mendustakan hari kebangkitan,yang berbelok arah drai Allah kepada sesembahan lain, sebagai pemberian hujjah kepada mereka mellaui keyakinan yang mereka tetapkan dan akui, berupa tauhid rububiyyah dan hak kepemilikan Allah atas tauhid itu secara prerogative (ditunjukan) terhadap pengingkaran mereka terhadap tauhid uluhiyyah dan ibadah, dan (pemberian hujjah) melalui penetapan mereka mengenai penciptaan segala makhluk yang besar (ditunjukan) pada pengingkaran mereka tentang menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati yang hal ini lebih mudah dilakukan daripada itu. “kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya,” maksudnya siapakah yang telah menciptakan bumi dan segala makhluk yang berada diatas permukaannya, berupa hewan, tumbuhan, benda mati, lautan, sungai-sungai, dan gunung-gunung, Dzatb yang memiliki dan Mengaturnya? Sesungguhnya bila engkau menanyai mereka tentang masalah itu, mereka pasti menyatakan, ”Allah semata.” Jika mereka mengakui ini, katakanlah kepada mereka, “maka apakah kamu tidak ingat?” maksudnya, tidakkah kalian kembali kepada (pengakuan bahwa Allah Rabb yang disembah) yang kalian sudah diingatkan oleh Allah, yang sudah dimaklumi bersama, sudah mapan dalam fitrah-fitrah kalian yang mana sikap berpaling dapat berpotensi menyembunyikannya pada waktu tertentu? Padahal, pada prinsipnya, jika kalian itu merujuk ingatan kalian hanya dengan perenungan saja, niscaya kalian akan mengetahui bahwa Dzat yang memilikinya, itulah Dzat yang patut disembah semata, sementara ketuhanan dari obyek yang berada dalam kepemilikan (mamluk) merupakan ketuhanan yang paling batil.

Sumber: https://tafsirweb.com/5976-surat-al-muminun-ayat-84.html

📚 Tafsir Al-Wajiz

84. Katakanlah kepada penduduk Makkah dan orang-orang seperti mereka wahai Nabi: "Milik siapakah bumi ini beserta makhluk yang menempatinya, jika kamu mengetahui tunjukkan padaku."

Sumber: https://tafsirweb.com/5976-surat-al-muminun-ayat-84.html

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas)

Ayat 84-90 Allah SWT menetapkan keesaanNya, bahwa Dialah Dzat yang menciptakan, mengatur, dan memiliki semua makhluk untuk menunjukkan bahwa sesungguhnya Dialah Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia, tidak ada yang berhak disembah selain Dia, tidak ada sekutu bagiNya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman kepada RasulNya SAW agar mengatakan kepada orang-orang musyrik yang menyembah tuhan-tuhan lain bersama Dia, bahwa tidak ada sekutu bagi Allah, Meskupun dengan semua ini tetap menyekutukan Allah dengan yang selain Dia, mereka menyembah tuhan-tuhan selain Dia bersamaNya, padahal mereka mengakui bahwa apa yang mereka sembah itu tidak dapat menciptakan apa pun, tidak memiliki sesuatu apapun, dan tidak dapat menekan sesuatu apapun. Bahkan mereka yakin bahwa itu dapat mendekatkan diri mereka kepada Allah. ("Kami tidak menyembah mereka (berhala-berhala) melainkan . supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”) (Surah Az-Zumar: 3) dan Allah berfirman: (Katakanlah, "Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya?") yaitu, siapakah pemiliknya yang telah menciptakannya dan semua makhluk yang ada di dalamnya, berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan makhluk-makhluk lainnya (Jika kalian mengetahui?” (84) Mereka akan menjawab, "Ke­punyaan Allah") yaitu mereka mengaku kepadamu bahwa semuanya adalah milik Allah, tidak ada sekutu bagiNya.

Apabila kenyataannya demikian (Katakanlah, "Maka apakah kalian tidak ingat?") bahwa yang berhak disembah itu hanyalah Tuhan Yang Maha Pencipta dan Maha Pemberi rezeki, bukan selain Dia (Katakanlah, "Siapakah Tuhan langit yang tujuh dan Tuhan'Arasy yang besar?" (86)) yaitu siapakah yang menciptakan langit dan semua yang ada padanya berupa bintang yang bersinar, semua malaikat yang tunduk kepadaNya di semua penjuru langit? Dan siapakah Tuhan 'Arsy yang besar itu? yang atap semua makhluk, Disebutkan dalam hadits lain,”Tidaklah tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi beserta segala sesuatu yang ada pada keduanya jika dibandingkan dengan kursiNya, melainkan seperti sebuah gelang yang dilemparkan di sebuah padang pasir yang luas. Dan sesungguhnya kursiNya dan segala sesuatu yang ada padanya jika dibandingkan dengan 'Arsy sama dengan sebuah gelang yang berada di padang pasir itu” Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (dan Yang Empunya 'Arsy yang agung) yaitu sangat besar.

Allah berfirman di akhir surah (Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia) yaitu yang megah dan indah.

Dengan demikian, pengertian 'Arsy tergabung antara luas, tinggi, indah, dan megah Firman Allah: (Mereka akan menjawab, "Kepunyaan Allah.” Katakanlah, "Maka apakah kalian tidak bertakwa?" (87)) yaitu apabila kalian mengakui bahwa Dia adalah Tuhan langit dan Tuhan 'Arsy yang agung, maka bagaimana bisa kalian tidak takut kepada siksaNya dan tidak menghindari azabNya karena penyembahan kalian kepada tuhan selain Dia bersamaNya dan kalian menyekutukanNya dengan yang lain? (Katakanlah, "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu”) yaitu, siapakah yang memiliki semua kerajaan ini (Tidak ada suatu binatang melata pun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya) (Surah Hud: 56) yaitu yang mengaturnya.

Rasulullah SAW bersabda,”Tidak, demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggamanNya” Dan apabila Nabi SAW bersungguh-sungguh dalam sumpahnya, beliau bersabda: “Tidak, demi Dzat Yang membolak-balikkan hati” Dialah Dzat Yang Maha Pencipta, Yang Maha Memiliki dan Yang Maha Mengatur (sedangkan Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)Nya, jika kalian mengetahui) orang-orang Arab apabila seseorang dari pemimpin mereka memberikan tempat kepada seseorang, maka orang itu berada dalam lindungannya, tidak boleh ada seseorangpun yang melanggar perlin­dungannya. Oleh karena itu Allah berfirman: (sedangkan Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)Nya) yaitu Dia adalah Tuhan Yang Maha Besar, tidak ada yang lebih besar dariNya.

MilikNyalah semua makhluk dan perkara, tidak ada yang menghalangi keputusanNya yang tidak dapat dicegah dan tidak dapat ditentang. Apa yang Dia kehendaki, pasti terjadi, dan apa yang tidak Dia kehendaki, pasti tidak terjadi. Allah SWT berfirman: (Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuatNya, dan merekalah yang akan ditanyai (23)) (Surah Al-Anbiya’) yaitu, tidak ada yang mempertanyakan apa yang Dia perbuat karena Keagungan, Kebesaran, Keperkasaan, Kemuliaan, Hikmah, dan KeadilanNya, sedangkan semua makhluk akan dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan mereka.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua (92) tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu (93)) (Surah Al-Hijr) Firman Allah: (Mereka akan menjawab, "Kepunyaan Allah”) yaitu mereka mengakui bahwa Tuhan Yang Maha Besar yang mem­berikan perlindungan dan tidak ada yang dapat dilindungi dariNya adalah Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagiNya (Katakanlah, "(Kalau demikian) maka dari jalan manakah kalian ditipu?”) yaitu bagaimana bisa akal kalian bisa hilang sehingga kalian menyembah tuhan-tuhan selain Dia bersamaNya, padahal kalian mengakui dan mengetahui hal itu.

Kemudian Allah SWT berfirman: (Sebenarnya Kami telah membawa kebenaran kepada mereka) yaitu mengetahui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Dan Kami telah menegakkan dalil-dalil yang shahih, jelas dan pasti yang menunjukkan atas hal itu (dan sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta) yaitu dalam penyembahan mereka yang menyekutukan Allah dengan lainnya, tidak ada dalil bagi mereka yang memperkuat perbuatan itu. Sebagaimana yang disebutkan di akhir surah: (Dan barangsiapa menyembah tuhan yang lain di samping Allah, padahal tidak ada suatu dalil pun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung (117)) Orang-orang musyrik tidak melakukan hal itu melainkan tanpa suatu dalil apapun yang mendorong mereka melakukan kebohongan dan kesesatannya.

Sesungguhnya mereka melakukan hal tersebut hanyalah semata-mata mengikuti nenek moyang dan para pendahulu mereka yang tidak mempunyai pegangan dan bodoh, sebagaimana Allah berfirman tentang mereka: (Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka) (Surah Az-Zukhruf: 23)

Sumber: https://tafsirweb.com/5976-surat-al-muminun-ayat-84.html

Informasi Tambahan

Juz

18

Halaman

347

Ruku

299

Apabila kamu membaca Al-Quran, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk

Surah An-Nahl: 98

Adab Membaca Al-Quran

1. Suci dari Hadats

Pastikan dalam keadaan suci dari hadats besar dan kecil sebelum memegang dan membaca Al-Quran. Berwudhu terlebih dahulu merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada kitab suci Al-Quran.

2. Niat yang Ikhlas

Membaca Al-Quran dengan niat mencari ridha Allah SWT, bukan untuk pamer atau mencari pujian. Niat yang ikhlas akan membawa keberkahan dalam membaca Al-Quran.

3. Menghadap Kiblat

Diutamakan menghadap kiblat saat membaca Al-Quran sebagai bentuk penghormatan dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Posisi duduk yang sopan dan tenang juga dianjurkan.

4. Membaca Ta'awudz

Memulai dengan membaca ta'awudz dan basmalah sebelum membaca Al-Quran. Ta'awudz merupakan permintaan perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.

5. Khusyuk dan Tenang

Membaca dengan tenang dan penuh penghayatan, memahami makna ayat yang dibaca. Tidak tergesa-gesa dan memperhatikan tajwid dengan baik.

6. Menjaga Kebersihan

Membaca Al-Quran di tempat yang bersih dan suci, serta menjaga kebersihan diri dan pakaian. Hindari membaca Al-Quran di tempat yang tidak pantas.

7. Memperindah Suara

Membaca Al-Quran dengan suara yang indah dan tartil, sesuai dengan kemampuan. Tidak perlu memaksakan diri, yang terpenting adalah membaca dengan benar sesuai tajwid.

Masukan & Feedback:info@finlup.id
© 2025 quran.finlup.id - All rights reserved